English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mengapa AC Mobil Bau dan Kurang Dingin ?

Tak ada jalan yang tak macet di Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia. Ketika sedang berkendara, menghadapi kondisi seperti itu, tentu sangat tersiksa lantaran tak ada udara penyejuk (AC).
Sampai AC tak berfungsi bisa karena kelalaian pemilik melakukan perawatan. Bisa juga usia pakai komponen atau tingginya frekuensi pemakaian. Apalagi Pemilik mobil banyak yang awam tentang AC. Sehingga ketika bermasalah banyak yang enggak mengerti tentang servisnya,
Berikut ini beberapa gejkala yang terjadi pada AC mobil
Kurang dingin Pemicunya datang dari kompresor. Magnet clutch sudah aus atau sepul magnet ada yang putus. Akibatnya, kerja kompresor mengalirkan freon terhambat.
Penyebab lain, ada kebocoran pada evaporator mengakibatkan freon terbuang percuma. Saran, harus ganti baru kalau dilas hanya tahan sebentar.
Bau kurang sedap Penyebabnya, kondisi interior yang kotor akibat kebiasaan penumpang membawa makanan. Aroma sisa makanan bisa menempel di jok, trim pintu atau karpet. kebiasaan merokok ikut punya andil menyumbang aroma tak sedap.
Bunyi aneh saat dihidupkan Asal bunyi biasanya dari kompresor yang bermasalah. Bearing di dalam kompresor sudah aus atau pecah bikin kerja kompresor berisik. Lainnya, datangnya dari blower. Untuk beberapa merek mobil, posisi komponen tersebut ada di laci dasbor. Jika laci penuh dengan buku atau benda ringan lantas tersedot, langsung menimbulkan bunyi.
Freon acap kurang Kondisi ini dikarenakan ada kebocoran pada selang atau evaporator, sehingga freon terbuang percuma. Sebaiknya, lakukan pengecekan dan bersihkan kompresor setiap 2.000-5.000 km.

banyak sekali faktor-faktor mekanis yg mengakibatkan AC tidak berfungsi secara normal.
1. Terkontaminasi nya R-134a/12 (PAG Oil) akibat kebocoran pada system pendingin
2. Rusak nya bearing pada kompressor AC
3. Fungus/jamur yang bersarang di evaporator AC
4. LOW Side - HIGH Side yg berkaitan dengan TXV (Tube Expansion Valve) Sebaik nya anda membawa
    kendaraan yg terkena gangguan AC kepada HVAC technician atau dealer mobil anda, karena saat ini AC
    system itu menggunakan R-134a atau R-12 yang masih berbahaya untuk kesehatan dan sangat berbahaya
    untuk lapisan Ozon.
Foto saya
021-7289 7000, 0800 1821407 (Bebas Pulsa)